10 Cara Alami Mengatasi Insomnia atau Susah Tidur

Lihat Juga

Cara alami mengatasi insomnia atau susah tidur - Anda sering mengalami susah tidur atau bahkan tidak bisa tidur di malam hari? Masalah gangguan kesehatan ini disebut dengan insomnia yang biasanya terjadi pada seseorang yang sering begadang dan juga faktor lainnya.

Berbicara mengenai insomnia, penyebabnya bukan hanya karena kebiasaan saja. Gangguan susah tidur juga bisa disebabkan karena banyak faktor, seperti faktor obat tertentu atau sering mengkonsumsi obat-obatan, dan juga mungkin karena gangguan kesehatan lainnya yang membuat mata sulit untuk terpejam.

Untuk mengatasi masalah insomnia atau susah tidur, memang ada banyak cara yang bisa anda lakukan. Cara yang terbaik adalah dengan konsultasi kepada dokter terdekat dan minta penanganan segera. Selain itu, anda juga bisa menggunakan cara-cara alami. Berikut ini beberapa cara alami mengatasi insomnia atau susah tidur:


10 Cara Alami Mengatasi Insomnia atau Susah Tidur
10 Cara Alami Mengatasi Insomnia atau Susah Tidur

1. Kurangi mengkonsumsi makanan atau minuman mengandung kafein


Mungkin banyak yang mengira bahwa mengkonsumsi teh atau cokelat hangat di malam hari dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Namun kenyataan yang terjadi malah sebaliknya, justru anda tidak bisa mengendalikan insomnia yang anda alami. Hal ini karena adanya kandungan kafein dalam teh maupun cokelat. Hindarilah mengkonsumsi makanan dan minuman berkafein, apalagi minum kopi.

2. Lakukan aktifitas santai setelah tidur


Jika anda telah mencoba merebahkan diri anda selama kurang lebih setengah jam namun belum juga terlelap, maka cobalah anda bangun dan lakukanlah aktifitas yang menurut anda terasa santai. Misalnya saja anda melakukan aktifitas membaca buku, atau sebagainya yang menurut anda dapat membuat anda mengantuk.

3. Khususkan tempat tidur hanya untuk tidur


Anda harus punya tempat khusus untuk tidur. Jadi tidak mencampur tidur anda dengan aktivitas anda di tempat tidur. Usahakan untuk tidak membawa pekerjaan anda di kamar tidur dan tidak menonton tv dari tempat tidur, dan sebagainya. Televisi, komputer, laptop, dan lainnya dapat menyebabkan seseorang mengalami insomnia.

4. Hindari stres di malam hari


Jika anda ingin tidur lebih cepat dan bisa tidur lebih nyenyak, yang perlu anda ingat adalah jangan memikirkan masalah atau beban hidur terlalu berlebihan di malam hari. Usahakan ketika anda ingin tidur, pikiran anda sudah fresh atau sudah tenang dan lepas dari semua masalah yang ada, baik itu masalah pekerjaan, rumah tangga, teman, dan sebagainya.

5. Aturlah pernapasan agar lebih dalam dan panjang


Mengatur pernapasan juga sangat penting untuk diperhatikan. Bukan hanya baik untuk aktifitas sehari-hari anda, akan tetapi juga dapat membantu menghindarkan anda dari masalah insomnia. Dengan pernapasan yang baik, maka tubuh anda akan terasa lebih rileks. Banyak yang merasa terbantu dengan cara seperti ini.

6. Buat suasana kamar lebih nyaman


Jika anda ingin tidur dengan nyenyak tanpa gangguan masalah insomnia, anda juga perlu memperhatikan kenyamanan kamar tidur anda. Ya, buatlah tempat tidur anda senyaman mungkin. Mengapa harus demikian? Karena jika tempat tidur anda berantakan, atau banyak terdapat barang berserakan, atau banyak hal yang tidak menyenangkan, tentu hal itu akan memunculkan suasana yang tidak nyaman. Maka bersihkanlah kamar tidur anda dan buatlah senyaman mungkin agar anda bisa tidur lebih cepat dan lebih nyenyak.

7. Tidurlah dalam jam yang sama setiap malam


Semuanya berawal dari kebiasaan, bahkan menyerangnya insomnia pun juga bisa terjadi akibat kebiasaan, yaitu kebiasaan tidur larut malam. Karena jika kita telah terbiasa tidur larut malam akan sulit untuk tidur lebih awal. Oleh sebab itu, anda perlu membiasakan sejak sekarang dari sedikit untuk tidur lebih awal. Bukan hanya hari ini, tapi juga esok, esok, dan seterusnya. Usahakan setiap malam tidur dalam jam yang sama.

8. Jangan terlalu terobsesi dengan tidak bisa tidur


Berdasarkan penelitian yang ada, bahwa orang yang terlalu merasa khawatir bahwa dirinya tidak bisa tidur itu justru dapat menyebabkan dirinya sendiri tidak bisa tidur. Jika sudah demikian, maka akan sulit mengatasi insomnia. Oleh sebab itu, jangan terlalu terobsesi dan memiliki pemikiran bahwa anda tidak bisa tidur. Tenangkan pikiran dan buatlah nyaman.

9. Hindari cahaya saat tidur


Saat tidur, pastikan dalam ruangan anda sudah bersih dari cahaya. Biasanya adanya cahaya meski itu kecil juga dapat menyebabkan seseorang susah tidur. Banyak orang telah mengungkapkan bahwa dirinya tidak bisa tidur jika ruangannya banyak cahaya atau terlalu terang. Nah, maka dari itu kurangilah cahaya di tempat tidur anda. Mungkin cuma lampu tidur sudah cukup, atau lebih baik tidak usah pakai lampu sama sekali.

10. Banyak minum air putih dan susu


Susah tidur yang anda alami juga bisa disebabkan karena kurangnya cairan dalam tubuh anda dan mungkin anda terkena dehidrasi. Maka biasakanlah untuk memenuhi cairan tubuh anda rutin setiap harinya. Minumlah air putih kurang lebih 8 gelas sehari untuk menjaga tubuh anda tetap terhidrasi dengan baik. Anda juga bisa mengkonsumsi susu secara rutin untuk membantu mempercepat memejamkan mata anda.

Demikianlah informasi tentang 10 Cara Alami Mengatasi Insomnia atau Susah Tidur. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Blogger
Disqus