13 Makanan untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Lihat Juga

Makanan untuk menjaga kesehatan jantung - Jantung adalah salah satu organ dalam tubuh yang memiliki peran sangat penting. Salah satu perannya yaitu memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Otomatis jika kesehatan jantung terganggu, maka kesehatan tubuh lainnya juga akan ikut terganggu. Oleh sebab itu sangat penting untuk memperhatikan dan menjaga kesehatan jantung.

Berbicara mengenai jantung, memang ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung, namun ada banyak hal juga yang kita lakukan yang dapat mengancam kesehatan jantung dan tidak kita sadari. Oleh sebab itu kita perlu untuk berhati-hati agar kesehatan jantung tetap terjaga.

Salah satu hal umum yang perlu dilakukan agar kesehatan jantung tetap terjaga adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Tentu saja di dalam pola hidup sehat itu kita perlu olahraga teratur, istirahat cukup, dan juga mengkonsumsi makanan yang bergizi. Berbicara tentang makanan penyehat jantung, berikut ini beberapa makanan untuk menjaga kesehatan jantung:

13 Makanan untuk Menjaga Kesehatan Jantung
13 Makanan untuk Menjaga Kesehatan Jantung

1. Sayuran hijau

Sayuran hijau memiliki kandungan serat, karotenoid, folat, fitokimia, magnesium, potasium, dan kalsium. Dengan mengkonsumsi sayuran hijau secara rutin, maka dapat membantu menurunkan resiko serangan jantung. Hal ini terutama karena adanya kandungan karotenoid di dalam sayuran hijau yang berperan penting dalam pencegahan serangan jantung.

2. Bawang putih

Bawang putih juga dapat anda manfaatkan untuk mencegah penyakit jantung. Berdasarkan studi menunjukkan bahwa bawang putih berpengaruh terhadap penurunan risiko penyakit kardiovaskular termasuk kolesterol dan trombosit. Konsumsilah bawang putih dalam keadaan segar.

3. Kacang

Dengan mengkonsumsi kacang merah tiga cangkir dalam seminggu, anda bisa membantu mencegah penyakit jantung. Selain kaya akan kandungan fitonutrien yang baik untuk jantung, kacang-kacangan juga kaya akan kandungan serat dan air yang membuat perut anda terasa kenyang lebih cepat. Tentu saja hal ini akan membantu mencegah anda mengkonsumsi lebih banyak kalori.

4. Biji-bijian utuh

Mengkonsumsi biji-bijian dapat membantu menurunkan resiki penyakit jantung. Konsumsilah biji-bijian seperti gandum, beras merah, atau jagung yang merupakan sumber utama karbohidrat. Bukan hanya baik untuk mencegah penyakit jantung, tapi juga baik untuk mencegah diabetes, beberapa jenis kanker, obesitas, dan masalah kesehatan lainnya. Hal ini karena adanya kandungan protein, serat, antioksidan, vitamin B, dan mineral.

5. Buah berry

Berbagai macam buah berry bisa anda konsumsi untuk mencegah penyakit jantung. Buah berry kaya akan kandungan antioksidannya yang dapat membantu meningkatkan tingkat HDL dan menurunkan tekanan darah tnggi. Hal ini berdasarkan studi kasus terbaru di Finlandia.

6. Jeruk

Jeruk sangat kaya akan kandungan vitamin C yang baik untuk kesehatan. Selain itu, jeruk juga mengandung senyawa kolin dan juga kalium. Semua kandungan tersebut dapat membantu menjaga kesehatan jantung anda. Yang paling membantu, kandungan kalium dalam buah jeruk memiliki kandungan mineral elektrolit yang berfungsi untuk mengatur detak jantung

7. Labu

Labu memiliki beberapa kandungan yang juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan jantung. Kandungan magnesium dalam labu dapat membantu menciptakan adenine trifosfat, mengolah sistem DNA dan RNA yang berperan untuk memompa jantung. Bahkan, kandungan magnesium dalam labu pun dapat berperan dalam mengatur sistem kerja pembuluh darah, sehingga penyakit stroke dan serangan jantung pun bisa dihindarkan.

8. Pepaya

Pepaya memiliki kandungan zat antioksidan, vitamin A, dan vitamin C. Ketiga kandungan tersebut sangat baik untuk proses oksidasi pada kolesterol tubuh. Kandungan antioksidan di dalamnya akan membantu mencegah timbunan plak dalam pembuluh darah yang biasanya menjadi penyebab serangan jantung. Kandungan vitamin E di dalamnya juga mengandung paraoxonase yang bisa menghambat proses oksidasi LDL dan HDL dalam tubuh. Jika anda mengkonsumsi pepaya, kolesterol tubuh pun bisa terkontrol dengan baik karena adanya kandungan serat di dalamnya.

9. Ikan tuna

Kandungan omega 3 yang terdapat dalam ikan tuna bisa dibilang cukup tinggi. Kandungan tersebut sangat baik untuk kesehatan jantung, karena dapat membantu mengatur denyut jantung, melindungi tekanan pada denyut jantung, menurunkan potensi serangan jantung, dan meningkatkan rasio kadar HDL dalam darah. Bukan hanya itu kandungan omega 3 dalam ikan tuna juga dapat menggantikan semua makanan yang banyak mengandung kolesterol. Konsumsilah secara rutin.

10. Ikan salmon

Selain ikan tuna, ikan salmon juga bisa anda pilih untuk menjaga kesehatan jantung. Ikan salmon memiliki banyak kandungan zat omega-3. Selain itu, kandungan protein di dalamnya juga baik untuk mencegah serangan jantung. Anda hanya perlu mengkonsumsi ikan salmon secara rutin.

11. Susu kedelai

Bagi anda yang suka dengan susu kedelai, anda bisa memanfaatkannya untuk menjaga kesehatan jantung anda. Dengan mengkonsumsi susu kedelai secara rutin dapat menurunkan resiko serangan penyakit jantung dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Susu kedelai mengandung protein, lemak sehat, dan kandungan lainnya. Anda bisa mengkonsumsinya secara rutin 20 gram per hari.

12. Gandum

Gandum merupakan sumber kalori yang kaya akan serat, vitamin, mineral, sat besi, magnesium, dan folat. Berdasarkan studi, bahwa mengksonsumi gandum secara rutin dapat membantu menurunkan kolesterol darah dan mencegah penyakit kardiovaskular. Konsumsilah makanan berbahan gandum seperti sereal gandum, oat, dan pasta gandum agar kesehatan jantung tetap terjaga.

13. Beras

Selain gandum, anda juga bisa memilih beras untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung. Berdasarkan studi yang ada, bahwa mengkonsumsi gandum secara rutin akan mendapatkan 12 vitamin esensial dan mineral, termasuk asam folat, kalium, dan vitamin C dengan lemak jenuh yang rendah daripada tidak mengkonsumsi beras. Mengkonsumsi beras juga dapat menurunkan resiko serangan jantung.

Demikianlah informasi tentang 13 Makanan untuk Menjaga Kesehatan Jantung. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Blogger
Disqus