7 Tips Segar dan Semangat Setelah Bangun Tidur di Pagi Hari

Lihat Juga

Tips segar dan semangat setelah bangun tidur di pagi hari - Bangun tidur di pagi hari mungkin sudah menjadi suatu kebiasaan bagi mereka yang memiliki jam kerja tetap yaitu berangkat pagi pulang sore. Namun bagi mereka yang tidak memiliki jam kerja tetap agak merasa kesulitan, apalagi bagi mereka yang tidak memiliki pekerjaan, pasti akan lebih sulit lagi jikalau tidak dibiasakan sejak kecil.

Berbicara mengenai bangun tidur di pagi hari, sebenarnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan agar kita bisa selalu bangun pagi-pagi. Sekarang sudah zaman modern, dan anda bisa menggunakan smartphone sebagai alarm untuk membangunkan tidur anda. Selain itu, ada juga cara lainnya yang bisa anda lakukan untuk bisa bangun pagi. Dan yang paling utama adalah mengatur pola hidup sehat, salah satunya tidur di waktu yang tepat dan hindari kebiasaan begadang.

Nah, setelah anda bangun tidur di pagi hari, biasanya masih banyak godaan, yaitu godaan ngantuk, lemes, lesu, dan sebagainya, sehingga membuat anda berkeinginan untuk tidur kembali. Untuk membuat tubuh anda menjadi segar dan bersemangat serta menghindari rasa kantuk, lemas, serta lesu, berikut ini beberapa tips segar dan semangat setelah bangun tidur di pagi hari:

7 Tips Segar dan Semangat Setelah Bangun Tidur di Pagi Hari
7 Tips Segar dan Semangat Setelah Bangun Tidur di Pagi Hari

1. Sebelum tidur hindari kopi, cokelat, dan minuman beralkohol


Jika anda ingin bangun pagi, hindarilah mengkonsumsi kopi. Karena kopi dapat membuat mata anda terjaga, sehingga anda susah tidur lebih awal. Untuk bisa bangun dengan segar, tidurlah dengan lelap sekitar 6-7 jam. Nah, untuk mendapatkan waktu tidur yang baik dan pas, hindarilah mengkonsumsi kopi dan anggur di malam hari sebelum tidur.

2. Bangun saja langsung


Apabila anda ingin bangun pagi dengan semangat dan segar, ketika mata anda melek, langsung saja bangun dan jangan menunggu apapun. Seorang bijak mengatakan bahwa cara terbaik untuk bisa bangun pagi dengan semangat adalah dengan melakukannya saja langsung. Tanpa alasan apapun, langsung saja bangun dan lakukan aktivitas kecil untuk mengawali.

3. Tarik nafas dalam


Setelah anda bangun dan kesadaran anda mulai muncul, tariklah nafas anda dalam-dalam lalu keluarkan perlahan. Tarik nafas dari perut dan berkonsentrasilah untuk bangun. Bayangkan juga di depan anda terdapat cahaya putih bersinar terang yang dapat membuat anda bersemangat dan badan menjadi segar.

4. Langsung minum segelas air


Setelah anda bangun, usahakan minum air putih terlebih dulu sebelum makan atau minum apapun. Minumlah segelas air putih setelah anda bangun tidur. Selain itu rasa segar yang menjalar dari kerongkongan ke perut akan membuat Anda lebih mudah terjaga. Untuk lebih mudah, anda bisa menyiapkan segelas air putih dan siapkan di kamar tidur anda. Hal ini agar anda tidak repot mengambil air putih di ruang makan setelah bangun.

5. Olahraga ringan


Anda juga perlu melakukan olahraga ringan setelah bangun tidur. Dengan olahraga kecil atau ringan akan membuat tubuh anda menjadi lebih segar dan bersemangat. Selain itu, anda akan merasa energi anda selalu bertambah. Semakin sering kamu berolahraga semakin banyak energi yang kita dapat dan badan semakin sehat dan segar bugar.

6. Bagi porsi makan


Makanlah dalam porsi yang tidak berlebihan. Jika anda memiliki kebiasaan mengkonsumsi makanan dengan porsi yang besar dan frekuensi yang kecil, misalnya dua atau tiga kali sehari, maka bagilah menjadi 5 atau 6 kali sehari, tentu saja dengan porsi yang lebih kecil. Perlu diketahui, makan berlebih dalam satu waktu akan mengganggu pencernaan. Berbeda dengan makan sering tapi porsi sedikit.

7. Pikirkan suatu hal yang menyenangkan


Jika anda ingin bangun pagi, pikirkanlah hal yang menyenangkan yang dapat membuat anda bersemangat untuk bangun. Mungkin anda malas memikirkan bangun pagi berangkat kerja bertemu bos galak dan sebagainya, karena akan membuat anda malas dan tidur kembali. Maka cobalah memikirkan sesuatu yang menyenangkan dan mengasyikan yang bakal Anda lakukan di hari itu di tempat kerja. Atau pikirkan kalau anda akan melakukan suatu hal yang menyenangkan setelah pulang kantor bersama teman kerja atau teman-teman lainnya. 

Demikianlah informasi tentang 7 Tips Segar dan Semangat Setelah Bangun Tidur di Pagi Hari. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Blogger
Disqus