8 Cara Alami Mengoabti Penyakit Asma

Lihat Juga

Cara alami mengobati penyakit asma - Asma adalah salah satu jenis penyakit yang menyerang bagian sistem pernafasan. Seseorang yang mengalami asma biasanya akan merasakan susah untuk bernafas dan disertai rasa tidak nyaman di bagian dada.

Berbicara mengenai asma, penyakit yang satu ini memang tidak boleh diremehkan, jika dibiarkan bisa menyebabkan berbagai masalah, bahkan akan sangat fatal jika tidak segera ditangani, karena berkaitan dengan sistem pernafasan yang merupakan bagian tubuh utama untuk bernafas. Munculnya asma memang belum diketahui secara jelas, bahkan para ahli pun masih terus melakukan penelitian untuk mencari tahu penyebab pasti dari penyakit asma.

Namun asma biasanya terjadi akibat adanya peradangan pada bagian sistem pernafasan, sehingga produksi lendir akan meningkat dan menumpuk di saluran pernafasan. Lalu bagaimana cara mengobati penyakit ini? Sebelum tahu bagaimana cara mengobatinya, ketahuilah gejala-gejala penyakit asma berikut ini.

8 Cara Alami Mengoabti Penyakit Asma
8 Cara Alami Mengoabti Penyakit Asma

 Gejala-gejala penyakit asma

  • Selalu terganggu tidurnya dan merasa gelisah setiap saat
  • Pernafasan menjadi tidak nyaman akibat sesak nafas atau nafas yang berat
  • Selama beberapa hari anda selalu mengalami batu kecil setiap malam
  • Tubuh terasa lebih lelah atau capek
  • Ketika anda melakukan aktivitas, tubuh lebih mudah capek
  • Sering depresi, cemas, dan mudah tersinggung
  • Tenggorokan terasa sakit, hidung mudah meler, hidung sering tersumbat dan semua gejala seperti serangan influenza.

Cara mengobati penyakit asma

Jika anda mengalami beberapa gejala dari yang tertara di atas, segeralah anda konsultasi dokter untuk pemeriksaan kesehatan anda, terutama pada bagian sistem pernafasan. Nah, apabaila mengalami asma, berikut ini beberapa cara alami untuk mengobati asma:

1. Jahe

Jahe memang terkenal akan khasiatnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Mengkonsumsi wedang jahe dapat membuat tubuh terasa hangat dan lebih nyaman. Selain itu, jahe juga dapat membantu mengatasi peradangan, asma sendiri disebabkan karena ada peradangan pada saluran nafas bawah. Ketika dikonsumsi, jahe akan menghentikan bertambahnya lendir dalam saluran dengan mengatasi peradangannya, dan madu akan mengencerkan lendir yang ada sehingga dapat dikeluarkan. Anda bisa membuat wedang jahe dengan campuran madu.

2. Madu

Madu telah dipercaya sejak dulu, bahwa kandungan alami di dalamnya mampu membantu mengobati berbagai macam penyakit dan gangguan kesehatan. Madu sangat baik untuk mengencerkan lendir yang menghambat saluran pernafasan, yang kemudian dapat dikeluarkan. Gunakanlah air putih hangat untuk membuat minuman madu, jangan menggunakan air dingin maupun panas. Anda cukup mencampurkan 2-3 sdm madu ke dalam air hangat kemudian dapat diminum.

3. Bawang putih

Asma pada tahap awal sebenarnya bisa mudah disembuhkan dengan memanfaatkan bawang putih. Bawang putih bisa membantu organ pernafasan agar menjadi lebih lega dan mengurangi cairan lendir dalam organ pernafasan. Untuk memanfaatkan bawang putih sebagai obat, andan cukup merebus 2 siung bawang putih dalam 100 ml air. Setelah dingin, minumlah air rebusan tersebut di malam hari.

4. Minyak kayu putih

Minyak kayu putih memang dikenal dapat mengatasi sakit perut, masuk angin, badan lelah, dan sebagainya. Selain itu, minyak kayu putih sebenarnya juga bisa anda manfaatkan untuk mengobati asma. Anda cukup menghirup aroma minyak kayu putih. Karena aroma minyak kaya putih bisa menenangkan saraf. hingga bisa menghindar asma kembali kambuh.

5. Kopi

Kopi adalah salah satu minuman yang digemari oleh banyak orang, khususnya orang yang gemar bergadang. Hal ini karena kopi dipercaya mampu membuat mata setiap orang menjadi melek semalaman. Namun tahukah anda, selain itu kopi memiliki manfaat baik untuk mengobati penyakit asma. Mengkonsumsi kopi sangat efisien untuk membuka saluran hawa yang terhimpit di dada.

6. Bunga kenanga kering

Anda bisa mencoba bunga kenanga kering untuk mengobati penyakit asma. Tidak perlu dimakan bunganya, akan tetapi dijadikan ramuan minuman. Bunga kenanga dipercaya bisa menjadi salah satu obat asma alami. Siapkan 3 kuntum bunga kenanga kering, lalu rebus dengan 200 cc air sampai mendidih. Setelah itu tutup wadahnya rapat-rapat. Setelah dingin lalu minum air ramuannya.

7. Senam pernafasan

Cobalah untuk melakukan senam pernafasan secara rutin. Senam pernafasan ini merupakan salah satu metode lain yang dikenal untuk mengurangi gejala dan serangan asma. Senam ini dilakukan untuk melatih organ paru-paru agar bisa memiliki kapasitas yang normal. Adapun caranya, anda bisa melakukan senam dengan berbagai gerakan. Hal ini ditujukan untuk menjaga kesehatan sistem pernafasan, membuat pikiran menjadi santai dan menghindari penderita dari stres.

8. Akupuntur

Lakukanlah terapi akupuntur untuk membantu penyembuhan asma. Akupuntur adalah salah satu jenis terapi yang telah dipercaya ampuh mengobati berbagai penyakit di China. Berbagai jenis titik tubuh yang berhubungan dengan rongga pernafasan akan diterapi dengan jarum. Banyak orang yang sembuh dengan melakukan terapi ini. Namun harus dilakukan secara rutin dan dengan orang yang sudah ahlinya.

Demikianlah informasi tentang 8 Cara Alami Mengoabti Penyakit Asma. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.
    Blogger
    Disqus