Tips Agar Bisa Bangun Pagi Setiap Hari

Lihat Juga

Tips agar bisa bangun pagi setiap hari - Bagi sebagian orang, untuk bangun pagi mungkin merupakan suatu hal yang mudah, karena sudah kebiasaan. Namun bagi mereka yang tidak terbiasa dengan bangun pagi mungkin akan merasa kesulitan untuk bangun pagi. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor.

Berbicara mengenai bangun pagi, memang ada banyak hal yang mempengaruhi kita mengapa kita tidak bisa bangun pagi. Seperti kebiasaan begadang, pola hidup tidak sehat, dan tidur dengan cara yang tidak benar. Semua hal tersebut akan membuat anda bangun lebih siang jika tidak diubah dan diperbaiki.

Untuk bangun pagi lebih awal setiap harinya, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan. Salah satu hal yang paling penting yaitu do'a yang disertai usaha. Berikut ini beberapa tips agar anda bisa bangun pagi lebih awal setiap harinya.

Tips Agar Bisa Bangun Pagi Setiap Hari
Tips Agar Bisa Bangun Pagi Setiap Hari

Tips agar bisa bangun pagi setiap hari

1. Niat

Yang pertama adalah niat. Niat sangatlah menentukan apakah anda bisa bangun pagi atau tidak. Sebab, kalau tidak ada niat kemungkinan besar tidak akan bisa bangun pagi. Anda harus memiliki niat dan kemauan yang kuat. Niat dan kemauan akan menimbulkan sugesti, dan sugesti inilah yang akan membuat anda bisa melakukan apa yang belum bisa anda lakukan, termasuk bangun pagi.

2. Berdo’a

Disamping niat, anda juga perlu berdoa. Berdoalah dan memohonlah kepada Allah agar anda bisa bangun pagi lebih awal. Usahakan anda selalu memanjatkan doa ketika anda mau tidur, baik itu doa sebelum tidur, maupun doa lainnya, salah satunya yaitu berharap agar tidur anda termasuk ibadah dan bisa bangun lebih awal di pagi hari.

3. Tidur lebih awal

Apabila anda ingin bangun lebih awal di pagi hari, anda tentunya juga harus tidur lebih awal. Jika anda terbiasa tidur larut malam, maka akan sulit untuk membiasakan bangun pagi. Bahkan meskipun bisa bangun di pagi hari lebih awal tetap akan merasa sangat ngantuk, lesu, dan letih. Jadi, biasakan untuk tidur lebih awal untuk bisa bangun lebih awal.

4. Minum air putih

Air putih sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh anda. Dan air putih pun juga bisa membantu anda bangun lebih awal di pagi hari. Siapkan segelas air putih di meja samping ranjang. Minum segelas air sampai habis untuk mengembalikan kelembaban tubuh serta mencegah dehidrasi. Cara ini sekaligus membantu menstimulasi syaraf serta merangsang pencernaan untuk membuang yang tidak diperlukan tubuh.

5. Berolahraga

Lakukanlah aktivitas yag dapat membantu anda menjadi lebih bersemangat. Dengan berolahraga ringan dapat membantu menyegarkan mata anda setelah bangun pagi. Jadi anda tidak akan merasa lesu dan tidak berkeinginan tidur kembali. Setelah Anda menyadari betapa besar yang Anda rasakan setelah lari pagi atau yoga selama 15 menit. Olahraga juga dapat meningkatkan mood Anda loh.

6. Pakai alarm yang tepat

Sebelum anda pergi tidur, anda juga perlu menyalakan alarm untuk membangunkan tidur anda. Siapkan alarm dan setting pukul 04.30 WIB atau sebelumnya. Gunakan bunyi alarm yang bisa membangunkan anda, tentunya bunyi yang lebih keras. Jangan gunakan suara alarm yang mellow atau sebagainya, karena akan sulit membangunkan, malah membuat anda tidur lebih nyenyak.

7. Langsung bangun begitu kamu terjaga

Begitu anda terjaga, segeralah bangun dan lakukan kegiatan-kegiatan kecil di pagi hari. Karena jika anda masih malas-malasan maka akan merasa ngantuk dan mungkin tidur kembali. Lakukan aktivitas awal seperti seperti: menggosok gigi dan mencuci kaki dan tanganmu dengan air dingin. Lakukan juga olahraga ringan atau mengobrol dengan keluarga. Ini akan membuat mata anda menjadi lebih fresh.

8. Mandi pagi

Setelah anda melakukan aktivitas kecil atau ringan, pergilah mandi. Dengan mandi pagi ini akan membuat tubuh anda menjadi lebih segar dan fresh. Jangan takut air. Bergeserlah ke kamar mandi dan lekas nikmati mandi pagi dengan air yang segar. Usahakan tidak menggunakan air hangat. Gunakanlah air dingin agar tubuh anda menjadi lebih bersemangat setelahnya.

Demikianlah informasi tentang Tips Agar Bisa Bangun Pagi Setiap Hari. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.
Blogger
Disqus