Penyebab dan Cara Mengatasi Mulut Kering

Lihat Juga

Penyebab dan cara mengatasi mulut kering - Bagi sebagian besar orang, mulut yang terlihat kering memang dianggap bukan merupakan masalah kesehatan yang besar atau masalah kesehatan yang serius. Akan tetapi, apabila dibiarkan begitu saja akan menjadi masalah kesehatan yang serius. Yaitu dapat mengganggu kesehatan mulut.

Berbicara mengenai mulut kering, hal ini disebabkan oleh banyak faktor. Dan faktor yang paling umum adalah karena kurangnya cairan dalam tubuh, sehingga tubuh dehidrasi dan mulut menjadi kering. Inilah mengapa kita perlu mengkonsumsi air putih lebih banyak setiap harinya. Hal ini untuk menghidrasi tubuh dan menghindarkan dari mulut kering.

Selain karena dehidrasi, mulut kering juga bisa disebabkan karena gangguan kesehatan tertentu. Namun yang perlu diingat, mulut kering ataupun gangguan kesehatan lainnya biasanya disebabkan karena pola hidup yang kurang sehat. Untuk lebih jelas, beriut ini beberapa penyebab dan cara mengatasi mulut kering.

Penyebab dan Cara Mengatasi Mulut Kering
Penyebab dan Cara Mengatasi Mulut Kering

Penyebab mulut kering


1. Dehidrasi

Asupan cairan dalam tubuh kita sangat penting untuk diperhatikan. Jika tubuh dibiarkan begitu saja tanpa adanya asupan cairan yang masuk, maka akan dengan mudah terserang gangguan kesehatan dan penyakit parah sekalipun. Kondisi dimana tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti demam, keringat berlebihan, muntah, diare, kehilangan darah dan luka bakar dapat menyebabkan mulut kering.

2. Gaya hidup

Gaya hidup yang kurang sehat juga bisa menjadi penyebab mengapa mulut anda menjadi kering. Kebiasaan merokok, mengunyah tembakau, menggigit bibir, dan masih banyak lagi, hal itu dapat menyebabkan bibir menjadi kering, pecah-pecah, dan rusak. Kebiasaan merokok atau mengunyah tembakau dapat mempengaruhi produksi air liur dan memperburuk mulut kering. Selain itu, kebiasaan bernafas dengan mulut terbuka juga bisa menyebabkan mulut kering.

3. Efek samping obat

Apakah anda sering minum berbagai macam atau jenis obat? Jika itu, mungkin itu salah satu penyebab mengapa mulut anda menjadi kering. Mulut kering adalah efek samping yang umum dari banyak obat-obatan, seperti obat yang dipakai untuk mengobati depresi, kecemasan, nyeri, alergi dan pilek (antihistamin dan dekongestan), obesitas, jerawat, dan masih banyak lagi.

4. Efek samping penyakit atau infeksi tertentu

Mulut kering juag bisa disebabkan karena efek samping dari penyakit tertentu atau infeksi tertentu yang ada di bagian mulut anda. Bisa juga disebabkan karena penyakit seperti sindrom Sjorgen, HIV/AIDS, penyakit Alzheimer, diabetes, anemia, cystic fibrosis, radang sendi (reumatik), hipertensi, penyakit Parkinson, stroke, dan gondok.

5. Efek samping pengobatan medis tertentu

Anda sedang menjalani pengobatan medis tertentu? Jika iya, mungkin itu salah satu penyebab mengapa mulut anda kering. Hal ini bisa jadi karena adanya kerusakan pada kelenjar ludah, yaitu kelenjar yang menghasilkan air liur, yang terjadi karena radiasi pada kepala dan leher, juga kemoterapi untuk pengobatan kanker, dapat mengurangi jumlah air liur yang diproduksi. Oleh sebab itu, ketika anda melakukan pengobatan medis, perisakan juga kesehatan mulut anda.

6. Kerusakan saraf

Gangguan saraf atau bahkan kersuakan pada saraf bisa menyebabkan mulut kering. Kerusakan saraf yang menyebabkan mulut kering yaitu saraf bagian kepala dan leher karena cedera atau pembedahan. Oleh sebab itu, berhati-hatilah dalam menjalankan segala aktivitas agar tidak mengalami cedera atau kecelakaan yang bisa menyebabkan kerusakan pada saraf.

Cara mengatasi mulut kering


1. Penuhi cairan tubuh

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa kekurangan cairan atau dehidrasi dapat menyebabkan mulut menjadi kering. Oleh sebab itu anda perlu memenuhi kebutuhan asupan cairan dalam tubuh anda. Jangan biarkan tubuh anda dehidrasi, minumlah air putih setiap harinya antara 8-9 gelas. Anda juga perlu mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang mengandung banyak air, baik itu secara langsung maupun dijadikan jus.

2. Minyak kelapa

Minyak kelapa juga bisa anda manfaatkan untuk mengatasi mulut kering. Cara atau metode kuno dari India ini akan membantu menjaga mulut agar tetap basah. Selain itu juga dapat membantu menghilangkan bau mulut serta menjaga kesehatan mulut itu sendiri. Jika anda tidak punya minyak kelapa, anda juga bisa menggunakan minyak lainnya seperti minyak wijen atau minyak nabati lainnya.

3. Cabe rawit

Cabe rawit dapat membantu merangsang produksi air liur mulut anda. Sangat baik untuk anda manfaatkan sebagai obat alai mulut kering yang anda alami. Bukan hanya itu, dengan mengkonsumsi cabe rawit juag dapat membantu meningkatkan selera makan dan membuat lidah dapat membedakan rasa jauh lebih baik. Anda cukup mengoleskan bagian dalam cabe rawit pada lidah anda bagian atas. Memang rasanya sangat terbakar, namun secara bersamaan kelenjar ludah akan terangsang dan memunculkan banyak air liur. Selain itu, anda juga bisa menambahkan bubuk cabe rawit pada setiap makanan yang anda konsumsi.

4. Lemon

Jus lemon, selain menyegarkan juga dapat anda manfaatkan untuk mengatasi mulut kering. Mengapa jus lemon, karena lemon mampu merangsang produksi air liur sekaligus mengurangi gejala mulut kering. Dan juga sifat asam yang terdapat pada lemon juga dapat membantu membersihkan mulut anda, termasuk dari serangan bau yang dihasilkan oleh bakteri. Anda bisa mengkonsumsi lemon dengan cara di jus, dijasikan wedang, atau dengan cara lainnya.


Demikianlah informasi tentang Penyebab dan Cara Mengatasi Mulut Kering. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Blogger
Disqus