Cara Alami Mengobati Kadas dan Kurap

Lihat Juga

Cara alami mengobati kadas dan kurap - Kadas dan kurap merupakan beberapa dari jenis penyakit kulit. Biasanya kedua penyakit ini menimbulkan rasa gatal yang bahkan tidak tertahankan. Rasa gatal tersebut akan sangat dirasakan setelah penyakitnya mulai menyebar luas. Oleh sebab itu perlu dilakukan penanganan secepatnya agar kadas dan kurap tidak meluas.

Berbicara mengena kadas dan kurap, penyakit ini disebabkan oleh jamur, bakteri, virus, kuman, atau juga karena terlalu keras dalam menggaruk kulit ketika terasa gatal pada kulit. penyakit kulit tersebut juga bisa menular pada orang lain apabila kontak secara langsung, atau melalui perantara. Misalnya seringnya terkena sentuhan pada kulit yang terkena kadas dan kurap, atau saling berganti pakaian satu sama lain yang salah satunya terkena kadas dan kurap.

Lalu, apa penyebab dari kadas dan kurap yang biasa menyerang? Sebenarnya yang paling utama munculnya kadas dan kurap adalah kurangnya menjaga kebersihan. Berikut ini beberapa penyebab kadas dan kurap.


Cara Alami Mengobati Kadas dan Kurap
Cara Alami Mengobati Kadas dan Kurap

1. Tidak menjaga kebersihan

Kebersihan sangatlah penting untuk diperhatikan. Baik itu kebersihan lingkungan sekitar maupun kebersihan badan. Karena yang menjadi penyebab utama kulit mengalami kadas kurap karena keadaan kulit yang sering kotor, lembab dan jarang terkena sinar matahari. Kulit yang kotor akan terasa gatal, memerah dan akhirnya muncul jamur dan menjadikan kulit mengalami kadas atau kurap.

2. Sering terendam air kotor

Jika anda sering bermain atau berendam di air yang kotor, mungkin saja air itulah yang menyebabkan anda terkena kadas dan kurap. Air kotor seperti air sungai, genangan banjir dan lain sebagainy juga menjadi penyebab utama kulit mengalami kadas dan kurap. Air tersebut akan menyebabkan kulit gatal-gatal dan munculah kadas dan kurap.

3. Alergi

Jika muncul kadas dan kurap tapi anda merasa sudah menjaga kebersihan dan sebagainya, mungkin saja ada penyebab lain, yaitu alergi. Alergi terhadap suatu hal, barang, atau suasana tertentu, misal alergi bulu binatang atau lain sebagainya juga dapat menyebabkan penyakit kadas dan kurap. Seperti yang kita ketahui, alergi akan menyebabkan kulit terasa gatal, dan jika dibiarkan akan menyebabkan kadas dan kurap.

4. Lingkungan

Mungkin saja lingkungan anda kurang terjaga dan masih kotor. Jika benar, itu bisa menjadi penyebab munculnya kadas dan kurap pada kulit anda. Lingkungan yang kotor bisa meningkatkan resiko terserang penyakit kulit seperti kadas atau kurap. Oleh sebab itu jagalah kebersihan lingkungan sekitar anda.

Cara alami mengatasi kadas dan kurap

Kadas dan kurap sebenarnya bisa cepat disembuhkan apabila dilakukan penanganan dengan serius dan benar. Untuk mengobatinya pun sebenarnya sudah cukup hanya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Nah, berikut ini beberapa cara alami untuk mengobati kadas dan kurap:

1. Garam

Garam adalah salah satu bahan alami yang bisa anda gunakan untuk mengobati penyakit kulit seperti kadas, kurap dan panu. Garam memiliki sifat anti jamur dan anti bakteri sehigga baik bagi kulit yang terserang infeksi. Untuk memanfaatkannya, anda hanya perlu menggunakan air garam. Jika kadas dan kurap terdapat pada kaki Anda, cobalah untuk merendam kaki pada air garam. Jika dibagian atas, basahi air yang telah dicampuri garam.

2. Bawang putih

Untuk mengatasi masalah kadas atau kurap, anda juga bisa menggunakan bawang putih. Bawang putih memiliki sifat anti jamur sehingga sangat efektif sekali dalam mengobati masalah kadas atau kurap. Cukup siapkan beberapa siung bawang putih anda hancurkan atau anda tumbuk, kemudian tempelkan pada kulit yang sakit, tunggu dan diamkan semalan. Anda juga bisa menggosokkan bawang pada bagian yang terdapat kadas dan kurap sebelum tidur.

3. Lidah buaya

Lidah buaya bukan hanya baik untuk kesehatan rambut saja, tapi juga baik untuk kesehatan kulit. Anda bisa memanfaatkan lidah buaya untuk mengobati kadas dan kurap. Caranya sangat mudah sekali, anda cukup mengoleskan gel lidah buaya pada kulit anda yang sakit dan diamkan selama beberapa menit atau selama semalam.

4. Kunyit

Salah satu jenis rempah-rempah yang bisa anda manfaatkan untuk mengobati kadas dan kurap adalah kunyit. Kunyit memiliki banyak khasiat untuk kesehatan kulit. Kunyit memiliki sifat anti jamur, serta anti mikroba secara alami. Gunakanlah bubuk kunyit, namun yang masih asli dan belum dicampur dengan bahan lain. Buatlah pasta kunyit dengan bubuk kunyit atau kunyit segar. Lalu aplikasikan pada bagian yang terkena kurap atau panu. Diamkan kurang lebih 20 menit dan bilas dengan air.

5. Kapur barus

Anda juga bisa memanfaatkan kapur barus untuk mengobati kadas dan kurap. Kapur barus memiliki bau yang sangat kuat dan dapat mengatasi berbagai macam infeksi jamur. Oleh sebab itu kapur barus ampuh mengatasi kadas dan kurap. Gunakan bubuk kapur barus dan aplikasikan pada kulit anda yang sakit, lakukan berulang kali hingga kadas dan kurap sembuh.

6. Pepaya mentah

Pepaya mentah mungkin dikira tidak memiliki manfaat. Namun sebenarnya anda bisa memanfaatkan pepaya mentah untuk mengobti kadas dan kurap. Pepaya memiliki kandungan enzim papain dan chymopapain akan bekerja sebagai penghancur perisai virus, bakteri dan berbagai jamur pada kulit. Dengan demikian, pepaya mentah sangat efektif sekali dalam mengatasi masalah penyakit kadas dan kurap. Anda hanya perlu menghaluskan pepaya mentah hingga halus dan tempelkan pada bagian yang terkena kadas dan kurap.

Cara mencegah penyakit kadas dan kurap

  • Jagalah kelembaban kulit agar tetap kering, terutama pada sela-sela kaki
  • Gantilah kaos kaki anda secara teratur
  • Hindari pemakaian kaos kaki dan sepatu basah
  • Gunaka sepatu yang memiliki ventilasi udara yang baik
  • Pakailah alas kaki kemanapun anda pergi
  • Hindarilah membasahi kaki dengan air kotor.
Demikianlah informasi tentang Cara Alami Mengobati Kadas dan Kurap. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.
Blogger
Disqus