9 Cara Mudah dan Cepat Atasi Sakit Kepala Tanpa Obat

Lihat Juga

Cara mudah dan cepat atasi sakit kepala - Setiap orang pasti pernah mengalami dan merasakan sakit kepala, hanya saja sakit kepala yang dialaminya berbeda-beda, ada yang sakit kepala keseluruhan, ada juga sakit kepala sebelah. Biasanya hal itu tergantung suasana dan keadaan.

Berbicara mengenai sakit kepala, sebenarnya sakit kepala merupakan gangguan sistem pada bagian saraf yang mengalami penegangan. Adapun munculnya sakit kepala bisa disebabkan oleh beragam faktor. Bisa saja sakit kepala disebabkan karena telat makan, atau juga bisa disebabkan karena kondisi stres berat yang dialami. Apapun faktor penyebabnya, segera atasi sakit kepala dengan cara yang aman.

Untuk mengatasi sakit kepala, yang paling tepat adalah konsultasi dengan dokter atau orang yang ahli dalam bidangnya. Namun, anda juga bisa menggunakan cara yang mudah dan lebih cepat. Berikut ini beberapa cara mudah dan cepat mengatasi sakit kepala

Cara Mudah dan Cepat Atasi Sakit Kepala Tanpa Obat
Cara Mudah dan Cepat Atasi Sakit Kepala Tanpa Obat

1. Konsumsi banyak air putih

Banyak sedikitnya mengkonsumsi air putih sangatlah penting untuk diperhatikan. Mengapa demikan? Karena minum air putih secara cukup setiap harinya akan membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi. Selain itu, tubuh anda pun akan lebih kuat. Jika anda mengalami sakit kepala, minumlah air putih lebih banyak lagi, mungkin saja dalam otak anda kekurangan cairan. Untuk mencegah sakit kepala akibat kekurangan cairan, minumlah air putih sebanyak 8-10 gelas dalam sehari.

2. Gunakan es batu

Untuk mengatasi sakit kepala, anda juga bisa memanfaatkan es batu. Cara ini sangatlah simpel, mudah, dan juga efektif. Sifat dingin yang diberikan es batu akan membantu menghilangkan sakit kepala dengan lebih cepat.  Anda cukup menggosok-gosokkan es batu pada kening, samping kepala, dan juga belakang kepala. Gosoklah secara perlahan.

3. Perbaiki waktu tidur anda

Sakit kepala yang anda alami mungkin saja disebabkan karena kurang tidur atau karena pola tidur yang tidak beraturan, atau mungkin juga posisi tidur yang salah. Maka dari itu anda perlu untuk memperbaikinya. Aturlah waktu tidur anda dengan benar, kurangi kebiasaan begadang, dan tidurlah dengan posisi yang benar yang menurut anda nyaman.

4. Berbaring dengan kaki di atas

Untuk menghilangkan sakit kepala sebenarnya sangatlah mudah, namun juga harus melihat dari penyebabnya. Jika sakit kepala ringan, anda bisa mengatasinya dengan cara berbaring dan meletakkan kaki anda di atas. Lakukan cara ini selama 1 jam, maka secara perlahan sakit kepala anda akan hilang.

5. Konsumsi makanan atau minuman yang mengandung mint

Berbagai macam makanan dan minuman yang mengandung mint sangat baik untuk menyembuhkan maag. Nah, apabila sakit kepala anda disebabkan karena maag, anda bisa mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung mint seperti teh pappermint dan sebagainya. Konsumsilah secara rutin jika perlu untuk mencegah sakit kepala datang kembali.

6. Minum kopi

Kopi adalah salah satu minuman yang digemari, mulai dari kalangan anak muda, remaja, hingga orang tua. Selain rasanya yang khas, kopi juga memiliki berbagai macam manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Salah satu manfaat dari kopi yaitu dapat mengatasi sakit kepala. Jika anda merasakan sakit kepala, minumlah kopi secukupnya. Maka secara perlahan sakit kepala akan reda.

7. Konsumsi kentang

Anda juga bisa memanfaatkan kentang untuk membantu mengatasi sakit kepala anda. Kentang mengandung kalium yang cukup tinggi. Selain melancarkan peredaran darah, kalium juga dapat membantu mengatasi sakit kepala. Konsumsilah kentang secara rutin, dan usahakan tanpa mengupas kulitnya. Hindari mengolah dengan cara digoreng. Olahlah dengan cara dibakar atau direbus.

8. Buah pisang

Buah pisang mengandug senyawa potassium dan magnesium yang baik untuk menghilangkan sakit kepala migrain. Oleh sebab itu, jika anda merasakan sakit kepala migrain, anda bisa mengkonsumsi buah pisang secara rutin. Buah pisang jenis apapun dan diolah secara apapun dapat membantu menyembuhkan sakit kepala. Namun lebih diutamakan konsumsi secara langsung.

9. Semangka

Selain rasanya yang menyegarkan, buah semangka juga baik untuk kesehatan tubuh. Buah ini baik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Selain itu, buah semangka juga baik untuk menyembuhkan sakit kepala. Kandungan kalium di dalamnya efektif meredakan sakit kepala. Konsumsilah semangka merah ataupun kuning secara rutin untuk mengatasi dan mencegah sakit kepala.


Demikianlah informasi tentang Cara Mudah dan Cepat Atasi Sakit Kepala. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasi.
Blogger
Disqus