7 Bahaya dari Kebiasaan Mengemil Bagi Kesehatan

Lihat Juga

Bahaya dari kebiasaan mengemil - Ngemil adalah salah satu kebiasaan yang mungkin bagi sebagian besar orang tidak bisa ditinggalkan setiap hari-harinya. Ngemil sambil nonton TV, sambil baca koran, sambil santai, dan sebagainya, hal itu merupakan kebiasaan yang sangat menyenangkan.

Berbicara mengenai kebiasaan ngemil, tahukah anda kalau ternyata kebiasaan tersebut tidak baik untuk kesehatan tubuh. Apabila anda terlalu sering melakukan kebiasaan ngemil bahkan setiap hari, hal itu bisa mendatangkan berbagai macam masalah kesehatan. Mulai dari tidak seimbangnya gizi tubuh anda, pencernaan juga akan terganggu, dan jangka panjangnya akan menyebabkan obesitas.

Agar kesehatan anda tetap terjaga dengan baik, maka mulai sekarang kurangilah kebiasaan mengemil. Mengapa harus dikurangi? Karena kebiasaan mengemil dapat membahayakan kesehatan tubuh. Bahaya seperti apa saja yang dimaksudkan? Berikut ini beberapa bahaya dari kebiasaan mengemil.

7 Bahaya dari Kebiasaan Mengemil Bagi Kesehatan
7 Bahaya dari Kebiasaan Mengemil Bagi Kesehatan

1. Obesitas atau kelebihan berat badan

Tahukah anda kalau kita kebanyakan makan akan dapat menambah berat badan? Bahkan lebih cepat dari biasanya. Nah, sama halnya jika anda memiliki kebiasaan ngemil. Kebiasaan ngemil yang bisa dikontrol akan membuat berat badan anda naik bahkan terjadi obesitas. Hal ini biasanya ditandai dengan badan yang mulai gemuk dan perut yang buncit. Apalagi makanan yang dijadikan cemilan merupakan makanan yang tinggi lemak dan kalori seperti gorengan, atau junk food. Hindarilah kebiasaan ngemil terutama di malam hari.

2. Masalah pencernaan

Kebiasaan mengemil juga dapat mengganggu sistem pencernaan. Ya, sistem pencernaan akan menjadi lambat dan akhirnya menyebabkan penumpukan lemak, jika lemak menumpuk maka akan tubuh akan menjadi gemuk. Bukan hanya itu, perut pun akan lebih sering merasakan mulas, terutama di malam hari. Oleh sebab itu hindarilah kebiasaan ngemil kapanpun dan dimanapun.

3. Menyebabkan bau mulut

Bau mulut tak sedap juga bisa datang akibat kebiasaan ngemil yang tidak teratur. Ya, kebiasaan mengemil akan membuat bau mulut menjadi tidak sedap. Mulut yang telah dibersihkan setelah makan menjadi kotor kembali akibat ngemil. Hal ini akan membuat gigi dan mulut menjadi kotor dan menimbulkan bau mulut tak sedap.

4. Pola makan terganggu

Kebiasaan ngemil juag dapat menyebabkan terganggunya pola makan anda setiap harinya. Hal ini karena anda terlalu banyak ngemil dan lupa dengan waktu makan anda yang sebenarnya. Jika terlalu bayak ngemil, maka perut akan terasa kenyang duluan sebelum makan nasi. Padahal gizi yang ada di dalam camilan tidak bisa mencukupi kebutuhan gizi untuk tubuh, terutama untuk pertumbuhan anak.

5. Gizi yang tidak seimbang

Kebanyakan orang ngemil pasti tidak memperhatikan kandungan gizi pada makanan yang dijadikan cemilan tersebut, yang penting enak dimakan. Sehingga tak jarang orang yang memiliki kebiasaan ngemil mengalami gangguan pada asupan gizinya. Ya, asupan gizi dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Jika hal ini dialami oleh anak-anak, maka dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan otaknya.

6. Diabetes dan tekanan darah tinggi

Bukan hanya obesitas saja, kebiasaan ngemil juga dapat menyebabkan diabetes dan tekanan darah tinggi. Biasanya orang makan makanan cemilan yang mengandung banyak mengandung gula serta garam. Gula dapat menyebabkan diabetes sedangkan garam dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Jika hal ini dibiarkan begitu saja dapat menyebabkan terjadinya serangan jantung. 

7. Masalah pada gigi

Seperti yang telah disinggung penjelasannya pada poin 3, bahwa kebiasaan ngemil dapat menyebabkan munculnya bau mulut tak sedap dan juga menyebabkan masalah pada kesehatan gigi. Gigi yang telah dibersihkan akan kotor kembali akibat kebiasaan ngemil, dan cemilan tersebut akan menyelip disela-sela gigi yang menyebabkan sakit gigi, gigi keropos berlubang, muncul karang gigi dan masalah lainnya. Hal itu akan menjadi parah jika makanan yang dijadikan cemilan adalah makanan yang manis-manis.

Demikianlah informasi tentang Bahaya dari Kebiasaan Mengemil Bagi Kesehatan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.


Blogger
Disqus